TATACARA MENGANGKAT TANGAN YANG BAIK KETIKA BERDO'A MENURUT RASULULLAH SAW


       Do'a menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah suatu permohonan kepada tuhan. Bagi umat yang menganut agama Islam do'a adalah senjatanya, sebagaimana Nabi Muhammad SAW. bersabda "Al-Du'aa Silaahu Al-Mu'min", do'a adalah senjatanya orang mu'min. Oleh karena itu ada baiknya kita memperhatikan tatakrama atau tatacara kita dalam berdo'a agar semua yang kita inginkan dapat lebih mudah dikabulkan oleh sang Maha Kuasa.

       Dalam hal ini, Rasululah SAW memiliki resep tersendiri bagi umatnya agar segala yang diinginkannya dapat terkabul. Melalui Sayyidina Ali Karramalahu Wajhahu, nabi berpesan: "Wahai Ali, jika kamu berdo'a maka bukalah telapak tanganmu dan jangan kamu angkatkan tanganmu melebihi kepalamu, dan kamu berisyarat kepada Allah dengan jari telunjuk kananmu (memisahkan/tidak merapatkan jari telunjuk dengan jari-jari yang lain)".
      Dari pesan itu kita dapat memahami bahwa do'a atau segala hal yang dianggap baik oleh agama seyogianya dilakukan dengan baik pula agar membuahkan hasil yang maksimal.




Oleh: Muhammad Fajar Firdaus
Sumber Bacaan: Kitab Washiyyatul Musthofa






Comments

Popular Posts